6 Tips Mudah Mengajarkan Buah Hati untuk Menabung Sejak Dini

//6 Tips Mudah Mengajarkan Buah Hati untuk Menabung Sejak Dini

Mengajarkan anak gemar menabung sejak dini tentunya harus dapat dipahami oleh para orang tua. Mengajarkan buah hati untuk menyisihkan uang di dimilikinya disaat usianya masih sangat kecil merupakan suatu hal yang sangat positif yang kelak dapat menjadi suatu pola kebiasaan baginya untuk menentukan kehidupan dan pencapaiannya dimasa mendatang. Memberikan pemahaman kepada buah hati untuk menabung jelas bukan hal mudah. Pemikiran yang masih sangat dini tentu membuatnya hanya berfikir untuk bermain. Kondisi demikian jelas menjadi tantangan tersendiri bagi Anda para orang tua untuk dapat mengarahkan sang buah hati mempersiapkan finansialnya sejak dini.

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar buah hati menjadi gemar menabung. Berikut tiga cara mengajarkan anak gemar menabung, antara lain :

mother child piggybank-savings

1. Memberinya Pemahaman Sederhana Tentang Uang

Bukan hal yang mudah tentunya memberikan pemahaman kepada buah hati menyangkut tentang uang. Mulai dari jenis, jumlah, dan manfaat dari uang itu sendiri. Sehingga memberikan pemahaman pada anak tentulah harus dapat dengan mudah untuk dipahaminya. Memberikannya informasi seputar uang dan penggunaannya secara perlahan akan membuatnya paham tentang uang.

 

2. Memberinya Penjelasan dari Manfaat Menabung

Menabung tentunya dapat memberikan banyak manfaat secara finansial yang menunjang segala kebutuhan bagi buah hati sendiri. Misalnya dengan memberikan penjelasan sederhana bahwa dengan menabung ia pun nantinya dapat membeli robot ataupun boneka yang disukainya. Setelah ia sampai ke fase itu tentu keinginannya untuk menabung akan kembali ada. Namun tidak lagi dalam lingkup membeli mainan, tetapi dalam lingkup bagaimana dengan uang yang ditabungnya sejak dini dapat mewujudkan apa yang dicita-citakannya.

 

3. Menghadiahkannya Celengan Lucu

Anak tentu identik dengan segala hal yang dapat menarik perhatiannya secara psikis. Sehingga dengan menghadiahkan buah hati celengan dengan bentuk yang lucu dan aman baginya, dengan pemahaman yang sebelumnya telah Anda sampaikan. Ia pun nantinya dapat mengetahui fungsi dari celengan dan membuatnya semakin termotivasi untuk mengumpulkan uang yang diperolehnya. Dengan begitu, Anda pun sukses memberikan pemahaman tentang bagaimana cara mendidik anak untuk menabung pada buah hati Anda.

 

4. Buka Tabungan di Bank

Jika anak sudah mulai disiplin menabung, kita bisa membuka rekening tabungan atas namanya sendiri di bank. Sekarang ini, mulai banyak bank yang menawarkan rekening tabungan khusus untuk anak-anak dengan kartu dan buku tabungan bergambar tokoh kartun menarik. Jangan lupa buat jadwal secara teratur kapan saja Si Kecil bisa menyetorkan uangnya ke bank. Perlihatkan jumlah saldo yang mereka miliki agar anak makin rajin menabung jika tahu jumlah uang tabungannya bertambah banyak.

 

5. Berikan Contoh

Cara terbaik mengajarkan sesuatu kepada anak adalah dengan memberikan contoh langsung kepada mereka. Sebelum membuatkan rekening tabungan untuk Si Kecil, sering-seringlah ajak ia ke bank saat kita menyetorkan uang untuk menabung. Perlihatkan uang yang sudah kita kumpulkan di bank agar ia juga tertarik untuk mulai menabung. Atau jangan ragu memperlihatkan tindakan penghematan yang kamu lakukan, agar Si Kecil juga terbiasa untuk berhemat sejak dini. Untuk menambah semangatnya, kamu juga bisa memberikan sedikit uang untuk dimasukkan ke tabungannya.

 

6. Sisihkan Uang Jajan

Untuk “memaksa” anak agar rajin menabung, sisihkan sebagian uang jajan yang kita berikan kepadanya tiap hari atau tiap minggu. Tapi, pemotongan ini harus diketahui oleh anak kita agar ia mengerti dan menerima pengurangan uang jajan tersebut. Agar ia tahu manfaat menabung, belikan barang yang dibutuhkannya (misalnya buku, pulpen, pensil) dengan hasil potongan uang jajannya yang kita kumpulkan itu. Setelah mengerti bahwa menabung bisa membeli barang yang ia butuhkan, dijamin Si Kecil pasti akan dengan sukarela menyisihkan uang jajannya.

Itulah Tips Mudah Mengajarkan Buah Hati untuk Menabung Sejak Dini, semoga dapat bermanfaat untuk anda dan buah hati anda.

By | 2017-12-14T00:33:57+00:00 August 23rd, 2016|Uncategorized|0 Comments

Leave A Comment